Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin #4

Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin

Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpmyadmin, xampp merupakan salah satu aplikasi web-server localhost yang didalamnya terdapat database server yaitu database MySQL. Aplikasi ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung didownload dari situs mereka. Database MySQL mudah digunakan, Anda dapat mengetahui cara membuat database dan table MySQL, membuat table MySQL dengan tool phpMyAdmin secara mudah.
Karena aplikasi Xampp sendiri didalamnya telah terdapat (included) database MySQL, maka database MySQL tersebut dapat diakses melalui web browser dengan menggunakan sebuah tools yaitu phpmyadmin. Tool ini dapat diakses di web-browser setelah aplikasi web server xampp dijalankan atau diaktifkan melalui xampp control panel. Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan web server dan database server ( database MySQL ) pada aplikasi xampp dapat dilihat di sini cara menjalankan aplikasi web server xampp.
Cara membuat database MySQL, pada artikel ini kami rajaputramedia.com sebagai penyedia jasa pembuatan website profesional mengasumsikan Anda telah memasang aplikasi xampp dan mengaktifkan web server serta database servernya ( database MySQL ). Artinya database dan table MySQL / database MySQL telah aktif dan siap digunakan untuk membuat database dan membuat table MySQL menggunakan tool phpMyAdmin. Artikel ini kami jelaskan untuk pemakaian sistem operasi Windows.
Berikut langkah atau cara membuat database dan table MySQL menggunakan tool phpMyAdmin :

Cara membuat database dan table MySQL - phpMyAdmin

1. Pastikan web server dan database server ( database MySQL ) pada aplikasi xampp telah aktif.
2. Ketik url "http://localhost/phpmyadmin/" pada web browser Anda. Sehingga pada web browser tampil seperti gambar berikut:
cara membuat database mysql
Cara membuat database dan table MySQL
3. Pada kolom "Create new database" ketik nama database yang akan Anda buat, sebagai contoh kita buat dengan nama "apotik". Kemudian klik button Create. Sehingga tampil seperti gambar berikut:
cara membuat database mysql
Cara membuat database dan table MySQL
Pada gambar di atas database "apotik" telah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya adalah membuat table didalam database apotik tersebut.
4. Perhatikan kembali gambar diatas, pada kolom "Create new table on database apotik" terdapat 2 (dua) kolom input, yaitu "Name" dan "Number of Fields".
Pada kolom Name, isikan nama table yang akan Anda buat, sebagai contoh nama table nya adalah "obat". Sedangkan pada kolom Number of fields, isikan jumlah fields pada table tersebut, sebagai contoh jumlah fieldsnya adalah "3". Kemudian klik button GO.
5. Mengisi nama fields pada table "obat" dalam database "apotik". Ada 3 fields yang dibentuk masing-masing diberi nama id_obat, description, price. Untuk type, values, dan lainnya dari tiap-tiap field dapat Anda isi sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Kami contohkan seperti gambar berikut:
cara membuat database mysql
Cara membuat database dan table MySQL

Setelah selesai mengisi nama fields, kemudian klik button Save.
6. Table "obat" didalam database apotik berhasil dibuat. Seperti gambar berikut:

cara membuat database mysql
Cara membuat database dan table MySQL
7. Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin telah selesai.


Free eBook Cara Membuat Database
Untuk menambah table dalam satu database dapat dilakukan dengan cara menyorot dan klik nama database dimaksud pada bagian left sidebar, kemudian ulangi kembali mulai dari langkah nomor 4 (empat) pada artikel ini, perlu diperhatikan dalam menambah table tentukan nama table dan jumlah field dalam table tersebut.

Sekian penjelasan dari saya tentang cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin. Silahkan sampaikan saran atau kritik Anda. Harapan saya, sekarang Anda telah memahami bagaimana cara membuat database. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semuanya ya :-) PIN BB: 76384B34

Penulis : berbagi dengan vivi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin #4 ini dipublish oleh berbagi dengan vivi pada hari Rabu, 22 Oktober 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara membuat database dan table MySQL menggunakan phpMyAdmin #4
 

0 komentar:

Posting Komentar